Baca deh.. ini dari APLI, terus kamu check kalau MLM kamu itu masuk yang mana.
http://www.apli.or.id/perbedaan-direct-selling-dan-piramida/
Oriflame terdiri dari 3 kategori
Sebagai Pemakai, Penjual dan Pebisnis.
Ketika si member hanya membeli dan berharap dapat komisi langsung maka si member menggunakaan transaksi dengan metode single level marketing.
Ketika si member menjadi Pebisnis, maka yang dia lakukan adalah transaksi dengan metode multi level marketing.
Yang dilakukan adalah melakukan penjualan atas produk dan bersamaan dengan semua jaringannya secara kompak melakukan hal yang sama.
Komisi didapatkan dengan acuan akumulasi dari total penjualan pribadi ditambah dengan total penjualan semua jaringan.
Yuk bahas satu persatu tentang Direct Selling dikaitkan dengan bisnis Oriflame.
1. Mitra usaha hanya boleh membeli 1 kali membership saja.
artinya jadi member Oriflame itu hanya 1x dan tidak boleh menjadi member lagi selama keanggotaan lamanya masih berlaku.
Di Oriflame itu melanggar kode etik. COCOK ya dengan ketentuan APLI
2. Perusahaan tidak boleh memberikan keuntungan kepada Mitra Usaha atas hasil rekrut anggota baru.
Artinya komisi/keuntungan itu berdasarkan jumlah produk yang dijual, bukan berapa banyak orang yang bergabung tapi tidak melakukan penjualan produk.
Mungkin diluar sana ada yang melakukan hal tersebut, tapi ingat saja.. apakah sesuai dengan ketentuan APLI ?
sudah tahu tidak sesuai, koq masih dijalankan.
Di Oriflame, keuntungan diberikan kepada consultant berdasarkan hasil rekrut melainkan dari hasil penjualan. COCOK ya dengan ketentuan APLI
3. Barang dan jasa harus ada dan dipergunakan oleh konsumen.
Di Oriflame, barangnya ada dan jelas.. sampai bosen mungkin orang melihat para consultant Oriflame menawarkan produk2 Oriflame yang sedang promo.
Tapi lihatlah dari sudut yang lain, bahwa itu adalah proses perniagaan yang memang sesuai dengan ketentuan APLI.
Produk juga barang yang dipergunakan oleh konsumen. (sabun, shampoo, pasta gigi dll)
Hal normal saja kan? bukan barang yang dipaksakan harus beli karena kalap mendapatkan bonus instant, meskipun ngga maksimal digunakan. terkesan dipaksakan.
Jadi di Oriflame memang barangnya PASTI ada dan PASTI digunakan oleh konsumen. COCOK ya dengan ketentuan APLI
4. Barang bukan kedok dan harga yang wajar.
Cari masalah saja kalau barang hanya sekedar kedok kan? pusing dan ribet, mending yang lempeng2 saja.
Iya di Oriflame barangnya ada koq dan semua orang tahu itu.
Harga harus wajar, mau produk yang 20 ribu? ada. mau produk yang ratusan ribu pun ada. tapi harga tetap realistis.
Kita ngga harus belanja dalam jumlah yang fantastis apalagi sampai harus membeli dalam jumlah juta-an rupiah. bisnis di Oriflame itu wajar, luwes dan normal2 saja. Masuk akal dan realistis.
caranya bandingkan saja dengan produk yang ada dipasaran baik pasar tradisional ataupun pasar modern seperti supermarket.
Cek harga mascara di Oriflame lalu cek apakah diluaran ada harga yang similar? Banyak
Cek harga bedak di Oriflame lalu cek apakah diluaran ada harga yang similar? Banyak
Cek harga sabun, body lotion dll, banyak yang harganya similar dengan di pasaran koq.
COCOK ya dengan ketentuan APLI
5. Laba/bonus/komisi keuntungan berdasarkan penjualan barang/produk bukan hasil rekrut.
Coba cek bisnis MLM kamu itu berdasarkan apa bonusnya? apakah harus beli baru dianggap jadi member sehingga artinya kamu harus membeli keanggotaan seharga produk?
tidak beli produk berarti tidak menjadi anggota? berarti bonus/komisi berdasarkan hasil rekrut ya?
Di Oriflame, siapapun bisa menjadi member kapan saja dan dimana saja, apakah langsung membeli produk atau sesuka-nya saja (pemakai, penjual atau pebisnis)
Jadi, santai saja sebenarnya kalau orang bergabung lalu belum melakukan penjualan produk.
Jadi di Oriflame, laba/komisi berdasarkan penjualan produk dan bukan hasil rekrut. COCOK ya dengan ketentuan APLI
6. Ada pelatihan tentang penjualan produk
Duh, berlimpah di Oriflame tentang pelatihan ya..
Dari kantor Oriflame
banyak sekali pelatihan2 yang konsisten tiap bulan (cek di www.oriflame.co.id)
Diluar itupun terkadang Oriflame mengadakan training/pelatihan/seminar dengan mendatangkan tamu2 dari luar negeri yang sudah ahli dibidangnya.
Dari club SBN
Ada ilmu yang diberikan secara online dan offline
1) Offline
acara pertemuan di Oriflame yang jadwalnya ada di fanpage SBN. Training Welcome New Member, training ttg topik tertentu yang disesuaikan dengan keadaan atau permintaan.
Pertemuan untuk BPS (Business Planning Session) bertujuan untuk ajang berdiskusi (rapat) mengenai rencana kedepannya, apa yang akan dilakukan dll, bukan tentang keluhan melulu ya. Home sharing, demo beauty class, etc
2) Online
Belajar memaksimalkan on line di www.oriflame.co.id semaksimal mungkin dengan belajar online melalu facebook group, Anda ga perlu datang ke tempat tertentu tapi bisa tetap belajar melalui gadget Anda. wah ngga kehitung banyaknya.
Pertanyaan, sudah sejauh mana Anda memahami semua pelajaran yang sudah di 'suapi' ke Anda?
Andapun berhak untuk mendapatkan akses di www.rumahSBN.com
Lintas tempat bukan masalah untuk Oriflame dan SBN.
Alhamdulillah Oriflame memberikan pelatihan untuk semua membernya. COCOK ya dengan ketentuan APLI
7. Ada guarantee back.
Jika ada produk yang tak terkirim atau produk rusak dll. selama ada barang bukti dan bukti invoice bisa dikembalikan/diganti koq mengikuti ketentuan dari Oriflame.
maksudnya barang buktinya dalam bentuk invoice-nya harus ada, masa pengaduannya juga secepatnya dilakukan.
Nah dibawah ini juga bisa di cek ya, poin2 yang bisa kita jadikan referensi singkat apakah perusahaan MLM anda masuk dalam kategori perusahaan yang sehat dan sesuai dengan kaidah di APLI.
Kalau saya pilih bisnis yang ngga cuma sehat, berpeluang, mudah tapi juga sesuai dengan kode etik dan sesuai dengan kaidah APLI.
Kalau kamu bagaimana?
No comments:
Post a Comment